Harga Gas LPG12 Kg di Banda Aceh Tembus Harga Rp123 Ribu/Tabung

BANDA ACEH – Harga gas LPG 12 Kg di Kota Banda Aceh kembali mengalami kenaikan, kalau sebelumnya harganya mencapai Rp96 ribu/tabung, per 10 September naik menjadi Rp123 ribu/tabung.

PT Pertamina (persero) menaikkan kembali harga gas LPG ukuran 12 Kg sebesar Rp18 ribu/tabung, pada 10 September 2014, permintaan di sejumlah agen resmi Pertamina di Banda Aceh mengalami penurunan

Seorang karyawan di agen Pertamina, PT Loonmita Gah, di jalan Teuku Umar, Setui, Banda Aceh, Abdul Aziz mengatakan akibat kenaikan harga LPG hingga mencapai Rp18 ribu, permintaan terhadap kebutuhan LPG tabung ukuran 12 Kg di Banda Aceh mulai menurun.

Menurunnya permintaan kebutuhan gas LPG 12 kg dikarenakan banyak masyarakat yang kurang mampu beralih ke tabung gas ukuran 3 Kg. Hal itu bisa mengakibatkan kelangkaan gas 3 kg di Banda Aceh, kalau banyak masyarakat yang mengunakan gas 12 Kg beralih ke gas 3 kg.

“Dulu di tempat kami bisa habis 80-100 tabung/hari. Tapi belakangan ini hanya laku terjual 60 tabung/hari. Sedangkan elpiji 12 Kg bright gas hanya terjual lima tabung/hari,” sebutnya.

Aziz mengatakan, seluruh agen pertamina di Banda Aceh saat ini sudah menjual LPG 12 Kg seharga Rp117.300/tabung. Walaupun pihak agen mengaku menjualnya dengan mengambil keuntungan Rp200/tabung.

Sementara diperkirakannya para pengecer menjual ke masyarakat mulai harga Rp122-Rp123 ribu/tabung, kalau sebelumnya Rp96 ribu/tabung.

Sementara itu, seorang penjual mie, di Banda Aceh, Yunus mengaku sudah beralih ke gas LPG 3 Kg beberapa waktu lalu. Karena elpiji berukuran 12 Kg tidak cocok bagi dirinya yang hanya menjual mie. “Apalagi LPG 3 Kg itu bersubsidi, jadi kami juga tidak harus menaikkan harga mie,” tuturnya. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com