Gerhana Matahari Cincin Terlihat sempurna di Simeulue

SINABANG | AcehNews.net – Gerhana matahari cincin tahun 2019 ini terlihat sempurna di Simeulue. Pusat kegiatan observasi atau pemantauan gerhana ini pun dilakukan Kanwil Kemenag Aceh bersama Pemkab Simeulue di Masjid Baiturrahmah, Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kamis (26/12/2019).

Peristiwa yang langka ini mulai sejak pukul 10.07 WIB tadi dan mulai tampak cincin sekitar pukul 11.53 WIB. Sementara, puncak gerhana matahari cincin terjadi sekitar pukul 11.55 WIB dan berakhir pada pukul 11.56 WIB.

Selain Simeulue, Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh mengatakan, gerhana ini juga dapat dilihat jelas di kabupaten Singkil. Namun, pihaknya memilih Simeulue sebagai tempat pemantauan atau observasi gerhana ini.

Ribuan masyarakat Simeulue hadir di halaman Masjid Baiturrahmah untuk melihat peristiwa gerhana melalui 10 teleskop serta 500 kacamata khusus yang telah disediakan dan dibagikan oleh Kanwil Kemenag Aceh untuk masyarakat.

Pada puncak gerhana, keadaan di Simeulue tiba-tiba menjadi redup seperti mendung dan lingkaran cincin matahari tampak terlihat jelas melalui teleskop dan kacamata khusus yang disediakan. (Hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *