Dua Hari Kedepan,
Gelombang Laut Perairan Aceh Capai 3 Meter  

BANDA ACEHBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan dua hari ke depan, 4 hingga 5 November 2014, gelombang laut dengan ketinggian  maksimum 3 meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh. Juga terjadi di perairan Barat dan Selatan Aceh.

“Selain di prairan Sabang dan Banda Aceh, tinggi gelombang mencapai 3 meter terjadi di perairan Barat dan Selatan. Sementara perairan Utara dan Timur Aceh tinggi gelombang mencapai maksimum 1 meter,” sebut Jaya Martuah Sinaga kepada acehnews.net, Senin malam (3/11).

Menurut Jaya  tingginya gelombang di perairan tersebut karena dari pantauan BMKG di sebelah Barat laut Aceh adanya pusta tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah dari arah Barat dengan kecepatan 06 – 30 km/jam.

“Perlu diwaspada tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan Aceh. Selain itu kami juga mengingatkan masyarakat dua hari kedepan, 4 hingga 5 November 2014, waspada potensi hujan lebat di pesisir Aceh Selatan,” kata Jaya.

Sebut Jaya wilayah yang berpotensi hujan turun dengan intensitas lebat yaitu Tapaktuan dan Blangpidie. Sedangkan untuk intensitas hujan sedang di wilayah Kutacane, Idi Rayeuk, Meulaboh, Sinabang, Singkil, Blang Kejeran, Calang, Suka Makmue, Karang Baru, Simpang Redelong, dan Subulussalam. (saniah ls)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *