Gelombang di Perairan Barat dan Selatan Capai 3 Meter

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan dua hari ke depan, 1 hingga 2 November 2014, gelombang laut dengan ketinggian 3 meter berpeluang terjadi di perairan Barat-Selatan Aceh.

Menurut prakirawan, Khairul Akbar SP kepada AcehNews.net, Jumat malam (31/10), tingginya gelombang di perairan Barat-Selatan Aceh karena adanya gangguan tekanan di atas atmosfir Aceh, sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 05-37 Kilometer/jam.

“Aceh sudah memasuki musim penghujan sehingga cuaca di Aceh kurang stabil. Selain itu di beberapa wilayah di Aceh dari amatan kami di Satelit Citra diprakirakan angin bertiup kencang, maka terjadinya gelombang tinggi tetapi ke arah Utara-Timur agak kurang,” jelas Khairul.

Untuk itu kata Khairul, BMKG meminta masyarakat nelayan dan perairan untuk wasdapa dengan kondisi tersebut. Selain di prairan Barat dan Selatan Aceh, tinggi gelombang mencapai 2 meter terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh. Sementara perairan Utara dan Timur Aceh tinggi gelombang mencapai maksimum 1 meter.

“Perlu diwaspadai tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan,” katanya mengingatkan kembali.

Sementara itu di Provinsi Aceh prakiraan BMKG masih dengan kondisi cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang. Hujan dengan intensitas sedang sebut Khairul terjadi di Tapaktuan, Kutacane. Takengon, Meulaboh, Sinabang, Singkil, Blangpidie, Blang Kejeren, Suka Makmue, Karang Baru, Simpang Tiga Redelong, dan Subulussalam. Sedang sedangkan wilayah lain di Aceh berpeluang hujan ringan. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *