Festival Kota Hijau Digelar 8 Hingga 10 Mei

BANDA ACEH – Dalam rangkaian HUT Kota Banda Aceh ke-810 tahun, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan menyelenggarakan kegiatan Festival Kota Hijau yang ditujukan kepada masyarakat, muda-mudi dan komunitas hijau.

Kegiatan yang mengusung tema “Action to Green City” akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 8 hingga 10 Mei 2015 bertempat di Taman Putroe Phang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Forum Komunitas Hijau dan Ceudah Organizer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir Samsul Bahri sebagai penanggungjawab utama penyelenggara acara berharap melalui kegiatan Festival Kota Hijau ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap pentingnya peran mereka dalam menjaga ruang hijau dan merawat lingkungan.

“Rasa peduli lingkungan menumbuhkan semangat untuk saling menjaga dan beraksi untuk Kota Banda Aceh yang layak huni. Kepadatan penduduk Kota Banda Aceh yang terus meningkat setiap tahunnya juga harus diimbangi dengan ketersedian ruang terbuka hijau untuk publik,” kata Samsul Bahri.

Dikatakannya, lewat Forum Komunitas Hijau Banda Aceh yang menjadi motor penggerak utama kegiatan kita semua berharap bahwa festival ini bisa menjadi aksi kita semua (setiap elemen) terhadap ruang hijau kota dan sebagai moment mempersatukan seluruh komunitas-komunitas serta LSM yang peduli tentang penghijauan dan lingkungan.

“Aksi satu pihak tentu sangat berarti, namun bayangkan jika semua elemen ini disatukan dan bergerak untuk Kota Banda Aceh yang lebih baik, dan tentu layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata,” katanya.

Mushawwir dari Ceudah organizer berharap kegiatan ini harus betul-betul bisa memberi aksi kepedulian semua pihak tentang pentingnya menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Hijau yang nyaman dan layak dikunjungi.

“Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mau untuk mensponsori kegiatan ini dan sekarang giliran kita generasi muda dalam berpartisipasi dalam festival ini,” kata Mushawwir.

Dia  menambahkan, bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pameran akan diikuti oleh komunitas-komunitas hijau yang ada di Kota Banda Aceh, selain itu juga ada beberapa kompetisi seperti Aksi mewarnai, lomba menggambar untuk SD/MIN sederajat, lomba mading dan lomba fashion show daur ulang tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Banda Aceh serta photography competition bertemakan hijau Banda Aceh.  (zoel m)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *