Dampak Pandemi Covid-19
Even Batal, Penyelenggara MWC 2020 Kembalikan Dana ke Forest Interactive

JAKARTA | AcehNews. Net – Global System for Mobile Communications Association (GSMA) selaku penyelenggara, Mobile World Congress (MWC) 2020 Barcelona, mengembalikan dana kepada para eksibitor. Salah satunya, Forest Interactive. Perhelatan akbar industri telekomunikasi di dunia itu terpaksa dibatalkan karena pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

Dalam rilisnya, CEO GSMA John Hoffman, menawarkan dua paket bagi eksibitor. Paket pertama, berupa pengembalian dana. Paket kedua, pilihan kredit untuk penyelenggaraan MWC selanjutnya.

GSMA akan mengembalikan dana secara penuh kepada eksibitor dengan pengeluaran hingga 5.000 euro. Sementara untuk eksibitor dengan pengeluaran di atas 5.000 euro, GSMA menawarkan pengembalian 50 persen atau kredit untuk partisipasi MWC tiga tahun ke depan.

Forest Interactive selaku salah satu eksibitor menyambut baik iktikad baik GSMA. “Keputusan GSMA melegakan bagi kami dan juga bagi seluruh perusahaan telekomunikasi, peserta MWC 2020,” kata co-founder Forest Interactive Indonesia Sharon Maurenn. Selanjutnya, Forest Interactive akan berkomunikasi dengan GSMA untuk menjajaki kemungkinan terlibat di MWC Barcelona 2021.

Keputusan GSMA juga dinilai tepat karena berkontribusi menjaga bisnis tetap stabil ditengah krisis Covid-19. Seperti yang diakui oleh Sharon, meski sebenarnya tidak mudah bagi Forest Interactive menerima kenyataan pembatalan ini.

“Apalagi ketika itu kami sudah mempersiapkan beberapa produk yang akan diluncurkan saat MWC berlangsung. Tapi, semua ini dilakukan demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Tadinya Forest Interactive melalui Divisi Marketing-Technology, elfo, berencana merilis beberapa produk. Antara lain, elfoA2P, elfoDSP, elfoMobi, dan elfoAIM. Sementara Forest Interactive berencana memamerkan sejumlah produk andalan.

Pengembalian Penuh
Dampak pembatalan akibat pandemi ini tak hanya berdampak dari segi ekonomi dan finansial. Tapi juga memukul bisnis para pelaku usaha, khususnya industri telko. Mereka harus menyusun ulang sejumlah rencana dan strategi, salah satunya perilisan produk, potensi kerja sama dan peluang bisnis, hingga diskusi tentang tren perkembangan industri telko ke depan.

Berdasarkan laporan yang dihimpun, dampak akibat pembatalan even ini dari sektor ekonomi diperkirakan mencapai 492 juta euro. Sekitar 14 ribu kontrak untuk pekerja paruh waktu terpaksa ditunda/dibatalkan. Pun dengan rencana konferensi yang mempertemukan 109.000 pengambil keputusan utama dari lebih dari 198 negara dan wilayah.

Masih dari rilis resmi GSMA, mereka akan mengembalikan pembelian tiket peserta MWC secara penuh. Peserta akan menerima pengembalian melalui metode pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya.

Sementara bagi peserta yang telah membeli tiket lebih dari 5.000 euro, GSMA memberikan dua paket penawaran pengembalian. Paket pertama, pengembalian sebesar 50 persen atau setara maksimal 1,5 juta euro. Paket kedua, menyediakan kredit kumulatif sebesar 125 persen untuk tiga kali penyelenggaraan MWC. Lebih lanjut GSMA mengatakan, biaya tiket MWC Barcelona 2021 akan berlaku sama seperti MWC 2019 lalu. (Saniah LS/ril)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com