Dua Tahfiz Banda Aceh Diundang Jadi Imam di Malaysia

BANDA ACEH|AcehNews.Net – Dua siswa Tahfiz Quran Pemerintah Kota Banda Aceh diundang untuk menjadi imam Shalat Tarawih selama sebulan penuh di Masjid Taman Mega Ampang, Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka adalah Mahdalil Ikram yang sudah mampu menghapal 8,5 juz Al-Quran dan T Akbar Ramadhan yang kini mampu menghapal kalam Ilahi sebanhyak 10,5 juz.

Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah Dinas Syariat Islam (DSI) Banda Aceh Wirzaini Usman SHI menjelaskan, selama ini keduanya dititipkan di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas, Ajun, Aceh Besar, untuk dididik menjadi Hafiz Quran bersama 16 siswa lainnya.

Informasi undangan tersebut, kata Wirzaini, disampaikan langsung oleh Ustaz Zulfikar SAg selaku pimpinan Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas, saat pihaknya bersilaturahmi pada 18 Mei 2015.

“Segala kebutuhan mereka selama di Malaysia akan ditanggung oleh pihak pengundang. Senin beberapa hari lalu, kami juga berkesempatan untuk mengetes kemampuan hapalan Quran santri-santri kita dan hasilnya luar biasa. Dua orang yang diundang ke Malaysia ini usianya baru 15 tahun. Akbar juga tercatat sebagai salah satu peserta kafilah MTQ Banda Aceh ke ajang provinsi nanti,”papar Wirzaini kepada AcehNews.Net Rabu (20/5/2015).

Sebelumnya, Pemko Banda Aceh Aceh telah mengirim 18 santri untuk dididik menjadi hafizh di Ma’had tersebut dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak sembilan orang pada tahun ajaran 2013/2014 dan tahap kedua 2014/2015 sebanyak sembilan orang juga.

Pemko Banda Aceh kata Wirzaini menargetkan, setelah enam tahun menimba ilmu di sana, para santri sudah mampu menghafal Al-Quran 30 juz dan menjadi hafiz di setiap masjid kecamatan. Katanya lagi, ini juga sesuai dengan harapan walikota agar nantinya para imam masjid masing-masing kecamatan adalah seorang penghapal Al-Quran. (zoel m)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *