Dua Kabupaten di Aceh Dilewati Gerhana Matahari Cincin 2019

SINABANG | AcehNews.net – Hari ini, tim astronomi Kanwil Kemenag Aceh telah dipusatkan di jalanan Masjid Baiturrahmah, Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Simeulue, Kamis (26/12/2019), melakukan pemantauan atau observasi gerhana matahari cincin tahun 2019.

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh yang didampingi Bupati Simeulue, Erly Hasyim dan Wakapolres, Kompol Raja Gunawan mengatakan, gerhana matahari cincin tahun ini melintas di dua kabupaten di Aceh yakni kabupaten Singkil dan Simeulue. Pihaknya memilih Simeulue sebagai kegiatan pusat observasi gerhana ini.

“Ini dikarenakan di Simeulue yang lebih sempurna terlihat gerhana ini, sekaligus kita shalat khusuf di masjid ini dan memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa gerhana ini salah satu bagian dari ilmu astronomi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah menyediakan sepuluh teleskop beserta 500 kacamata khusus untuk melihat gerhana ini bagi masyarakat. Hal ini agar masyarakat Simeulue dapat menyaksikan peristiwa langka yang terjadi hari ini.

“Barangkali peristiwa ini akan terjadi ratusan tahun kedepan namun belum tentu kita bisa melihat, nanti akan dilihat oleh anak dan cucu kita,” katanya.

Oleh karena itu, Daud Pakeh juga mengimbau seluruh masyarakat di Aceh agar melaksanakan salat khusuf setelah peristiwa gerhana ini di lokasi masing-masing.

Selain mengamati gerhana, Kanwil Kemenag Aceh bersama Pemkab Simeulue juga melakukan peringatan 15 Smong atau gempa dan Tsunami 26 Desember 2004 silam. 

Tampak ribuan masyarakat Simeulue memadati halaman masjid untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari cincin ini. Usai melihat peristiwa langka tersebut, masyarakat melanjutkan dengan melakukan salat Khusuf dan mendengar tausyiah yang diberikan oleh khatib. (Hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com