Penderita AIDS Temukan di Aceh Tengah  

ACEH TENGAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Tengah, kembali menemukan seorang penderita Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) baru, sebut saja namanya Agam (23). Hal diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Aceh Tengah Nurhayati Simanjorang kepada AJNN, Sabtu (1/11) siang.

“Pihak Dinkes mengetahuinya setelah yang bersangkutan menjalani pemeriksaan medis. Sebelumnya ia mengeluh sering diserang penyakit,” kata Nurhayati.

Kata dia, Agam diperkirakan terjangkit HIV-AIDS semasa dia masih berada di perantauan. “Karena Sebelumnya Agam diketahui pernah merantau ke luar Aceh. Dia tertular penyakit mematikan ini melalui hubungan seks,” katanya.

Saat ini pihak Dinkes Aceh Tengah mengaku serius menangani kasus penderita HIV-AIDS dan terus memantau perkembangan penderitanya. “Agam juga manjadi prioritas penanganan kami, karena statusnya sudah masuk ke fase AIDS,” ujarnya.

Dikatakan Nurhayati, kondisi Agam saat ini, sering diserang penyakit dan daya tahan tubuhnya semakin melemah.“Ini baru saja saya telpon dia tayain kabarnya, katanya masih bisa beraktifitas ringan di rumahnya” ucap Nurhayati meniru kata Agam.

Ia menambahkan, berdasarkan data di Dinkes Aceh Tengah, terhitung sejak tahun 2006 silam, penderita HIV di daerah tersebut sudah mencapai 8 orang yang didominasi dari kaum pria dewasa dan satu ibu rumah tangga. “kedelapan penderita tersebut terus dipantau Dinkes secara continue,” tutupnya. (ajnn.net)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *