Peserta Pelatihan Dinsosnaker Pamerkan Karya

BANDA ACEH – Sebanyak 15 peserta pelatihan menjahit dasar yang dilatih oleh Dinsosnaker Kota sudah mampu menghasilkan karya sendiri.

Penutupan kegiatan pelatihan menjahit dasar dan pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja  ini turut hadir Kadinsosnaker Kota, Drs Tarmizi Yahya MM, Jum’at (8/5/2015), di Balai Latihan Kerja (BLK) Lamjabat, Banda Aceh.

Melihat kemampuan para peserta, Tarmizi Yahya mengaku bangga dan berharap ilmu yang didapatkan dapat menjadi modal dalam merintis usaha mereka untuk kemudia diharapkan mampu bersaing menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kata Tarmizi, pasar bebas kawasan Asia Tenggara akan dimulai akhir tahun ini, kondisi ini memberikan kesempatan sekaligus tantangan. Serta menjadi kesempatan apabila punya keahlian dan produk yang handal yang dapat dipasarkan karena pasar menjadi semakin luas yaitu ke negara-negara se Asian Tenggara.

“Ini akan menjadi tantangan apabila kita tidak memiliki keahlian dan keterampilan, bisa jadi kita hanya akan menjadi penonton melihat orang-orang dari negara tetangga kita bekerja di daerah kita,” ungkapnya.

Selain pelatihan menjahit buat kaum perempuan, ada dua pelatihan lagi nanti yang akan diselenggarakan Dinsosnaker Kota, yakni pelatihan montir sepeda motor dan pelatihan las listrik. Pelatihan ini akan dilaksanakan setelah puasa Ramadhan.

Sesuai dengan laporan ketua panitia, Abdul Manaf, kegiatan yang dimulai 13 April lalu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menjahit bagi peserta pelatihan. Di samping itu juga mendapat pengetahuan teknis untuk modal menjadi pengusaha tukang jahit. (zoel m)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *