Diduga Akibat Cuaca Buruk, KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba

MEDAN | AcehNews.net – Diduga akibat cuaca buruk, KM Sinar Bangun yang berlayar dari pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun, tengelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) .

Kapal yang mengankut sekitar 138 penumpang itu, terbalik sekira pukul 18.00 WIB. Tiga penumpang dinyatakan selamat dan sisanya masih dalam pencarian tim gabungan dari Basarnas, Marinir, dan Kepolisian.

Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat Sik, MH kepada wartawan menyebutkan, tiga penumpang yang selamat yaitu Hernado Lingga (24) warga Deliserdang, Rahman Syahputra (22) warga Batubara, dan Santika (20), ibu rumah tangga yang dalam kondisi hamil. Ketiga korban selamat ini sedang dirawat di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga.

Hernando Lingga, salah seorang penumpang yang selamat mengatakan, bahwa kapal yang mereka tumpangi setelah berlayar sekitar 30 menit dari Simanindo menuju Tigaras, mengalami oleng dan kemudian tenggelam. Saksi menyebutkan bhwa sebelum tenggelam, bagian bawah kapal sudah mulai dipenuhi air.

Hernando juga menyebutkan bahwa pada saat kejadian angin dan ombak sangat kencang dengan jumlah penumpang dan kendaraan roda dua sangat padat.

Kapal kayu diduga over kapasitas. Dari informasi keterangan polisi setempat, kapasitasnya sekitar 80 penumpang, namun saat kejadian kapal bermuatan sekitar 138 penumpang. (indah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com