Di Imigrasi Takengon, Urus Pasport Sehari Selesai  

TAKENGONG – Imigrasi Takengon, Kabupaten Aceh Tengah kini telah meningkatkan pelayanan pengurusan pasport sebagai salah satu tuntutan standar pelayanan kepada masyarakat. Dalam peningkatan pelayanan tersebut, di sini urus passport sehari selesai.

“Sebelumnya butuh tiga hingga empat hari,” ungkap kepala Imigrasi Takengon, Imam Santoso, Kamis (18/14) di sela-sela melayani warga yang sedang membuat pasport di kantor Imigrasi Takengon.

Imam menambahkan, jika dulu warga yang ingin buat pasport terlebih dahulu harus memasukkan berkas, besoknya baru di foto, kemudian membayar administrasi, sehingga butuh beberapa hari, batu passport selesai. Sekarang, lanjut Imam, setelah pemohon memasukkan berkas langsung di fhoto, kemudian sidik jari dan wawancara, berikutnya bayar administrasi ke bank, dan Pasport dapat diambil, sehingga tidak butuh waktu lama

Pola one stop system ini sudah kita mulai sejak Juli 2014  kemarin, dan ini merupakan ketentuan dari pusat untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Imam dengan kebijakan pelayanan cepat tersebut, permintaan pembuatan pasport meningkat hingga mencapai 120 pasport sebulan, dibanding sebelumnya hanya 30 hingga 40 Pasport dalam satu bulan. Selain pengurusan Pasport, kantor Imigrasi Takengon juga menangani izin tinggal warga asing,” Sejak September 2013, ada 1662 paspor yang sudah diterbitkan, dan 25 Kartu Izin tinggal Terbatas (Kitas) bagi warga Asing,” demikian Jelas Imam.

Kemudahan pelayanan yang diberikan kantor Imigrasi Takengon, dirasakan oleh Zulkarnain, seorang warga kampung Pinangan Kecamatan Kebayakan. Zulkarnain yang ditemui ketika mengurus keperluan pasport kerabatnya menuturkan bahwa pelayanan Imigrasi Takengon saat ini sudah sangat memuaskan, terutama kebijakan pasport satu hari siap.

“Saya sudah tiga kali mengurus pasport famili di Imigrasi Takengon, dan semuanya selesai dalam waktu satu hari,” katanya.

Untuk memastikan pelayanan yang diberikan berjalan baik, Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM melihat langsung aktivitas pelayanan Imigrasi Takengon dalam kunjungannya, Selasa (15/14) lalu. “Warga yang akan mengurus Pasport sangat terbantu dengan peningkatan pelayanan yang diberikan oleh Imigrasi Takengon,” ujarnya menanggapi cepatnya  pengurusan pasport saat ini.

Bahkan, dikatakan Nasaruddin, jika dulu warga Takengon yang akan mengurus pasport ke Lhokseumawe, harus berangkat sehari sebelumnya atau dini hari agar mendapatkan pelayanan. “Sekarang sangat terbantu, terutama jika ada keluarga yang sakit ingin berobat keluar negeri, maupun pengurusan Pasport untuk kebutuhan Haji maupun Umroh,” ujar Nasaruddin.

Selanjutnya guna mendukung pelayanan yang diberikan oleh Imigrasi Takengon dapat berjalan baik, menurut Nasaruddin pihaknya sedang mempersiapkan pertapakan kantor yang lebih representatif.”Kemungkinan di sekitar Paya Ilang, supaya lebih cepat,” pungkasnya.(emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *