Dewan Pers Desak Polisi Usut Pelaku Kekerasan kepada Jurnalis Tempo

JAKARTA | AcehNews. Net – Dewan Pers tidak saja mengecam aksi kekerasan terhadap Jurnalis Majalah Tempo Nurhadi, yang terjadi di Surabaya, Sabtu, (27/3/2021). Dewan Pers juga meminta polisi mengusut kasus ini.

“Dewan Pers akan bekerja sama dengan asosiasi wartawan dan segenap konstituen Dewan Pers untuk mengawal proses penegakkan hukum perkara ini,” tegas Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers di Dewan Pers, Arif Zulkifli, dalam keterangan tertulisnya, Ahad, (28/3/2021).

Nurhadi dianiaya saat berusaha mewawancarai Angin Prayitno Aji, Direktur Pemeriksaan Ditjen Pajak yang telah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Apa yang dilakukan Nurhadi adalah tugas jurnalistik untuk memenuhi hak publik untuk tahu,” tegasnya lagi.

Penganiayaan wartawan, kata Arif, merupakan pelanggaran serius terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Dari laporan yang beredar, disebutkan bahwa Nurhadi tengah berusaha mengkonfirmasi sejumlah tuduhan kepada Angin.

“Ini merupakan tugas media: memberi kesempatan kepada sumber berita untuk menjelaskan perkara yang melibatkannya. Lebih jauh lagi konfirmasi adalah wujud niat baik dan profesionalisme media. Bahwa tiap sumber yang ditulis harus mendapat tempat yang proporsional dalam pemberitaan,” kata Arif.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komisi Hukum dan Perundang- undangan Dewan Pers, Agung Dharmajaya. Agung menyoroti dugaan keterlibatan aparat sebagai pelaku penganiayaan. Ia menilai saat ini kesadaran untuk menghormati profesi jurnalis belum sepenuhnya dipahami semua kalangan.

“Ini butuh effort besar untuk sama-sama mengingatkan, menyadarkan bahwa bukan hanya tanggung jawab pekerjaan wartawan, tapi juga kesadaran mereka menghormati profesi pekerjaan wartawan,” kata Agung.

Dewan Pers, kata Agung, berharap ini adalah kejadian terakhir yang menimpa wartawan yang dilakukan oleh oknum aparat keamanan. (Sumber: Tempo.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *