Delagasi BkkbN Aceh Ikut Harganas ke-25 di Manado

BANDA ACEH | AcehNews.net – Delegasi Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Provinsi Aceh bertolak hari ini, Selasa (2/7/2018) ke Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, guna mengikuti hari puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tahun 2018 yang akan digelar pada 7 Juli akan datang dan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Jokowi beserta para menteri di kabinetnya.

Selain peringatan Harganas, serangkaian kegiatan lainnya pun digelar dari 3 hingga 7 Juli 2018, antaranya Pameran Gelar Dagang Kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan UKM (Usaha Kecil Menengah) dari 34 provinsi di Indonesia, workshop, Sepeda Santai Tandem dan Olah Raga, serta Sarapan Keluarga bersama Presiden Jokowi.

Perwakilan BkkbN Aceh sendiri, membawa delegasi dari Duta Orangtua Hebat, Anak Duta Orangtua Hebat, Forum GenRe Aceh, PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Jalur Masyarakat, PIK Jalur Pendidik , PPKS (Pusat Pelayanan Konseling Keluarga) Bungong Jeumpa, para kader, Kelompok BKB (Bina Keluarga Balita), Kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia), Kelompok UPPKS, Pos KB Teladan, PLKB Teladan, dan KB Lestari 15 tahun.

“Harganas pertama kali diperingati pada 1993 di Lampung. Sedangkan keputusan Harganas menjadi penting dan mulai diperingati setiap tahunnya pada 2014, hal tersebut diperkuat dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 39 Tahun 2014 yang menetapkan Harganas diperingati pada setiap 29 Juni,” jelas Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs. Sahidal Kastri, M.Pd., di Banda Aceh, Senin (1/7/2018).

Lanjutnya, puncak Peringatan Harganas ke-25 Tahun 2018, kali ini diperingati di Kota Manado, Sulawesi Utara yang akan dihadiri Presiden Jokowi. Sedangkan tahun lalu diperingati di Kota Lampung.

“Sama seperti tahun lalu, ada serangkaian kegiatan, pameran produk Kelompok UPPKS dan UKM, workshop, olah raga, aneka perlombaan, dan Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BkkbN Pusat kepada kepala daerah yang yang disematkan langsung oleh Presiden Jokowi,” sebut Sahidal.

Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berkomitmen terhadap penyelenggaraan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerahnya.

Aceh sendiri, kata Sahidal pada 2014, Harganas ke-21 di Surabaya, Jatim, Bupati Aceh Tengah saat itu Ir Nazaruddin dan Harganas ke-22 Tahun 2015 di Banten, Walikota Banda Aceh, saat itu Illiza Sa’aduddin Djamal SE menerima penghargaan MKK dari BkkbN Pusat.

Tahun ini, kata Sahidal, belum ada kepala daerah di Aceh yamg menerima MKK, akan tetapi Perwakilan BkkbN Aceh akan mengusulkan pada peringatan Harganas ke-26 Tahun 2019.

“Kita berharap delegasi kita ada nanti akan kembali mengharumkan nama Aceh seperti tahun-tahun lalu,” demikian pungkas Sahidal yang juga ikut menghadiri puncak peringatan Harganas ke-25 Tahun 2018. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com