Cuaca Buruk Landa Aceh, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Peringatan dini dari BMKG. | Web resmi BMKG


BANDA ACEH| AcehNews. Net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini potensi curah hujan lebat hingga hujan sangat lebat ( pada katagori 6 ) dan berdampak banjir dalam sekala menengah diwilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam sekala menengah hingga tinggi.

Menurut BMKG keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfif pemicunya antara lain, MJO berkontribusi terhadap peningkatan curah hujan di Indonesia bagian barat, terbentuknya belokan angin di Provinsi Aceh, adanya anomali suhu muka laut antara +1.0 s/ d +3.0°C dipesisir Utara Aceh, di Selat Malaka, dan di Samudera Hindia Barat Aceh.

“Keadaan ini dapat meningkatkan penguapan air laut dan dapat memicu cuaca buruk di Provinsi Aceh,” kata Koordinator Data dan Informasi, Zakaria Ahmad, kepada AcehNews. Net pada Rabu malam (31/3/2021).

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini, kata Zakaria, berlaku untuk pada 31 Maret 2021 mulai jam 07.00 WIB sampai 1 April 2021 jam 07.00 WIB, yang meliputi Kabupaten Aceh Barat (Kecamatan Arongan Lambalek, Sungai Mas, Woyla Barat).

Kabupaten Aceh Jaya meliputi Kecamatan Krueng Sabe, Setia Bakti, Darul Hikmah, Samponiet, Indra Jaya, dan Jaya. Sedangkan Kabupaten Pidie (Kecamatan Mane dan Tangse), Aceh Besar (Kecamatan Kota Jantho).

Untuk 1 April 2021 jam 07.00 WIB hingga 2 April 2021 jam 07.00 WIB, sebut Zakaria, pada katagori 6, perpeluang terjadi di Kota Banda Aceh (Kecamatan Meuraxsa, Jaya Barau, Banda Raya, Baiturrahman, Kuta Raja, Syiah Kuala, Kuta Alam, Ulee Kareng, dan Lueng Bata).

Selanjutnya, Kabupaten Aceh Jaya meliputi Kecamatan Teunom, Pasi Raya, Panga, Krueng Sabe, Setia Bakti, Darul Hikmah, Samponiet, Indra Jaya, dan Jaya. Kemudian Pidie (Kecamatan Mane, Tangse, Keumala, Muara Tiga, Padang Tiji, dan Mila), dan Aceh Besar (Kecamatan Lhoong, Indrapuri, Kuta Cotgli, Kota Jantho, Lupung, Lhoknga, Suka Makmur, Peukan Bada, Mesjid Raya, Darussalam, Krueng Baronajaya, Kuta Baro, Blang Bintang, Ingin Jaya, Simpang Tiga, Montasik, Kuta Malaka, Darul Imarah, Darul Kamal, Seulimum, dan Lembah Seulawah).

“Peringatan dini cuaca ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sangat lebat pada katagori enam. Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya,” katanya lagi.

Dengan kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat, Koordinator Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, meminta masyarakat agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi.

“Selalu wasapada terhadap potensi yang berdampak pada sekala sedang hingga tinggi berupa banjir katagori sedang hingga untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yg dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan diperkotaan, bajir di wilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan dalam seksla sedang atau wilayah lereng,” katanya mengingatkan.

Selain dilanda hujan lebat, sejumlah wilayah di Aceh juga akan dilanda angin kencang dan petir. “Sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini,” tuturnya.

BMKG Koordinator Provinsi Aceh juga mengeluarkan Peringatan Dini Prakiraan Cuaca Berdampak dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat (pada katagori 4) dan berdampak banjir dalam sekala menengah diwilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam sekala menengah hingga tinggi.

“Karena sudah beberapa hari diguyur hujan, maka BMKG memprediksi dampak kebencanaan tinggi).Keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfif pemicunya antara lain, MJO berkontribusi terhadap peningkatan curah hujan di Indonesia bagian barat, terbentuknya belokan angin, Konvergensi di Provinsi Aceh, dan Edy (pusaran angin) di sebelah selatan Aceh.

Selain itu, BMKG memprakirakan, adanya anomali suhu muka laut antara +1.0 s/ d +3.0°C dipesisir Aceh yaitu di Samudra Hindia Barat Aceh, di Selat Malaka, Gelobang Atmosfir berupa gelombang Rossby Equator terpantau aktif di Sumatera bagian Utar, yang dapat meningkatkan penguapan air laut di Provinsi Aceh.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini berlaku untuk hari ini, Rabu (31/3/2021) 31 Maret 2021 mulai jam 07.00 WIB hingga 2 April 2021 jam 07.00 WIB, yang meliputi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie, Aceh Jaya, Aceh Barat, Pidie Jaya,Gayo Luwes, Aceh Besar, Bireuen, Nagan Raya,Aceh Barat Daya,dan Aceh Selatan. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *