Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi, Puluhan Truk Sawit Terlantar di Pelabuhan Simeulue

SINABANG | AcehNews.Net – Akibat cuaca buruk aktivitas pelayaran kapal feri dari pelabuhan Kuta Batu Simeulue, tujuan Labuhan Haji, Meulaboh dan Singkil, terganggu. Sehingga, puluhan mobil truk pengangkut kelapa sawit terlantar di pelabuhan tersebut.

Salah seorang sopir truk, Zainal (40), kepada AcehNews.Net, saat dijumpai di pelabuhan pada Kamis (12/7/2018), pagi menjelang siang, mengaku sudah empat hari terkatung-katung di pelabuhan itu.

“Saya sudah empat hari menunggu di pelabuhan ini. Petugas pelabuhan belum bisa memastikan kapan kapal berangkat,” ungkap Zainal.

Lanjutnya, apabila kapal belum juga bisa berlayar, otomatis buah sawit yang diangkutnya itu akan busuk dan tidak menutup kemungkinan mobil akan mengalami rusak, seperti per tidak berfungsi kalau terlalu lama parkirm sebab menahan beban berat.

Selain itu, selama menunggu di pelabuhan itu ia mengaku sudah menghabiskan banyak biaya makan, minum, dan lainnya menggunakan uang pribadinya.

“Semakin lama menunggu semakin banyak biaya hidup yang kita keluarkan, sehari Rp100 ribu untuk satu orang, kalau berdua sama kawan Rp. 200ribu. Selama empat hari disini sudah habis uang saya Rp800 ribu sementara gaji untuk mengangkut sawit ini cuma Rp4 juta. Saya berharap cuaca segera membaik” Ujarnya seraya berharap.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha UPTD Pelabuhan Penyebrangan Simeulue, Mulyadi, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk saat ini jadwal pelayaran belum bisa dipastikan, sebab, saat ini menurut rilis cuaca dari BMKG ketinggian ombak diperairan pantai Barat tinggi.

“Belum bisa dipastikan kapan bisa berlayar, saat ini pihak ASDP, Syabandar dan BMKG masih terus berkoordinasi. Dari rilis cuaca yang kita terima tiap hari dari BMKG, cuaca masih belum stabil. Hari ini saja informasi dari BMKG ketinggian ombak mencapai 4 meter,” terangnya via phone.

Pantauan nedia ini tadi pagi menjelang siang di pelabuhan Kuta Batu, Simeulue, sekitar 26 unit mobil truk pengangkut buah sawit terparkir rapi. Sembari menunggu berangkat kapal, sebagian sopir memanfaatkan waktu untuk perbaiki kenderaan. (jen)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com