Bupati Aceh Utara Terima Penghargaan MKK dari BKKBN RI

LHOKSEUMAWE | AcehNews. Net – Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2020, dari Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, DR (HC). dr. Hasto Wardoyo SpOG (K).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Sahidal Kastri, selesai acara pelantikan dan pengukuhan DPC IpeKB (Dewan Pengurus Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana) Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, pada Selasa (15/12/2020).

Sahidal kepada awak media mengatakan, dukungan Bupati Aceh Utara, dalam mensukseskan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana) di wilayahnya sangat lah besar.

MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok kepala daerah yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Lanjutnya, Bupati M. Thaib atau akrabnya disapa Cek Mad dinilai sebagai bupati yang berdedikasi tinggi atau sangat peduli dan berperan dalam penyelenggaraan program Bangga Kencana.

“Bupati Aceh Utara, kepala daerah di Aceh yang komit menjalankan program Bangga Kencana dimasa kepemimpinan beliau selama dua periode. Dan BKKBN memiliki keyakinan dengan dukungan yang diberi guna mempercepat pencapaian kesejahteraan keluarga ditengah masa Pandemi Covid-19. Tentu melalui program Bangga Kencana dan juga untuk mewujudkan Aceh Hebat,” tuturnya.

Selanjutnya Sahidal mengatakan, dengan penghargaan MKK yang diraih, ia berharap dapat mendorong terbentuknya OPD khusus KB dan Pembangunan Keluarga di daerah masing-masing, sebagaimana amanah Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Serta menjadi motivasi bagi kepala daerah yang lainnya di dalam komitmen mendukung program Bangga Kencana di daerah masing-masing.

“Saya lihat perhatian Pemkab Aceh Utara untuk program dan kegiatan Keluarga Berancana sudah luar biasa,” tandasnya.

Sementara itu Bupati M. Thaib mengatakan, Aceh Utara merupakan salah satu daerah dengan lokus stunting yang persentasenya tergolong besar.

“Ini butuh kerjasama semua pihak, untuk itu perlu sinergitas program dalam mengatasi permasalahan stuntingdan pembangunan keluarga,” tandas M. Thaib.

Penghargaan MKK diberikan setiap tahunnya pada peringatan Hari Keluarga Nasional kepada kepala daerah di Indonesia yang mendukung dan mensukseskan program Bangga Kencana.

Tahun ini, 2020, selain Bupati Aceh Utara, Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, juga menerima penghargaan MKK yang telah diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh pada 19 Agustus 2020, di ruang kerjanya di Kota Lhokseumawe. Pun penghargaan MKK juga diterima Ketua TP-PKK Aceh Tengah, Puan Ratna pada September lalu.

Tahun lalu, 2019, tiga kepala daerah di Aceh yaitu Walikota Langsa Usman Abdullah, Bupati Aceh Barat, Ramli MS dan Bupati Nagan Raya, M . Jamin Idham, meraih MKK di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Echi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *