BkkbN Teken MoU dengan Kemenag dan Disdik Aceh

BANDA ACEH | AcehNews.net – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, melakukan kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh serta Dinas Pendidikan Aceh.

Kerjasama tersebut dilakukan antaranya dalam bidang Pengembangan pendidikan berwawasan Kependudukan, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), Keluarga Berencana, dan pendidikan pra nikah bagi calon pengantin.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani, dan Kepala Perwakikan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri dilakukan pada Rakorda Program KKBPK Dalam Rangka Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja Tingkat Provinsi Aceh dan Kabupaten/Kota Tahun 2018, yang dibuka Sekda Aceh, Dermawan, Selasa (06/03/2018) di Hotel Hermes Palace Banda Aceh.

Kegiatan yang diikuti sekitar 126 peserta dari OPD KB 23 kab/kota, mitra kerja, SKPA, dan internal Perwakilan BkkbN Aceh ini dihadiri Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KS-PK) BkkbN Pusat, Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK, Forkapimda, sejumlah Kadis, dan Kepala BPS.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani berharap kerjasama kedua belah pihak bisa saling menguntungkan. Dinas Pendidikan menurutnya sangat mendukung program-program BkkbN yang sedang digalakkan dengan sasaran remaja sebagai generasi muda, sehingga ada peningkatan sumber daya manusia.

Laisani menambahkan, penguatan-penguatan pemahaman pada generasi menjadi tanggungjawab ketiga pihak tersebut, masing-masing BkkbN, Dinas Pendidikan, dan Kanwil Kemenag.

“Sosialisasi dan sinkronisasi program kepada peserta didik sangat kita butuhkan, maka kita berharap dukungan semua pihak untuk mewujudkan program yang baik ini. Dengan program ini kita harapkan adanya penguatan substansi yang diinginkan,” lanjutnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh menyampaikan bahwa kerjasama dengan BkkbN sangat penting, dalam rangka menyatukan persepsi dan sinergitas program terhadap pembinaan Suscatin dan juga sosialisasi tentang keluarga melalui pendidikan.

“Kami sangat mengapreasiasi langkah ini dalam upaya menyamakan persepsi dan usaha untuk mempersiapkan masyarakat Aceh menuju keluarga sejahtera atau keluarga Sakinah, dengan harapan melalui program kerjasama ini bisa saling melengkapi,” ujar Daud Pakeh.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Agama secara nasional sedang melaksanakan Program Bimbingan Perkawinan atau yang di kenal dengan BIMWIN, dan di Perwakilan BkkbN Aceh ada program Calinda. Sedangkan Kemenag dan BkkbN juga telah menjalin kerja sama sejak puluhan tahun lalu.

Kaper Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri mengatakan, adapun diantara butir MoU Kemenag, Dinas Pendidikan, dengan Perwakilan BkkbN Aceh meliputi pengembangan pendidikan berwawasan Kependudukan dan Keluarga Berencana, Peningkatan Kompetensi Pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan mengenai wawasan Kependudukan dan Keluarga Berencana baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.

Selanjutnya, kata Sahidal, pengembangan dan pembinaan kelompok ketahanan keluarga Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Balita Holistik Integrasi (BKB-HI) serta Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) serta pemanfaatan, evaluasi dan pelaporan kegiatan secara periodik. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com