BKKBN Lantik 691 Pejabat Fungsional Secara Virtual

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, melantik 691 pejabat fungsional dijajarannya secara virtual, pada Selasa (29/12/2020) di Jakarta.

Pelantikan dilakukan juga serentak di 34 perwakilan provinsi di Indonesia, termasuk Aceh. Di lingkup Perwakilan BKKBN Aceh sendiri dilantik 19 pejabat eselon 3 dan 4 menjadi pejabat fungsional. Pelantikan yang dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri tersebut mengikuti protokol kesehatan.

Kepala BKKBN dalam pidatonya menyampaikan, dalam rangka pengembangan kualitas organisasi kepemerintahan yang semakin efektif dan efisien, maka pengembangan berbagai jabatan fungsional terus ditingkatkan dan dilengkapi.

Khususnya terkait dengan pengelolaan manajemen karier dan pengembangan karier dalam jabatan fungsional, lanjut Hasto, melalui penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional sebagai salah satu upaya mendukung penyederhanaan birokrasi sebagai tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia.

“Atas pertimbangan tersebut sejak 2016 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui PERMENPAN Nomor 26 Tahun 2016 membuka peluang pengangkatan kedalam jabatan fungsional melalui penyesuaiandan atau inpassing yang berakhir di 2018, dan memperpanjang kembali periode inpassing sampai dengan 2021 sesuai PERMENPAN Nomor 42 Tahun 2018,” jelas Hasto.

Selanjutnya ia mengatakan, jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. 

Dalam rangka mencapai tujuan nasional, jelas Hasto, dibutuhkan adanya Pegawai Negeri Sipil dengan mutu profesionalisme yang memadai, berdayaguna dan berhasil guna di dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan.

“Pegawai Negeri Sipil perlu dibina dengan sebaik-baiknya atas dasar sistem karier dan sistem prestasi kerja,” ucapnya.

Pelantikan bagi pejabat fungsional ini merupakan tindak lanjut dari pasal 87 Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan karier pegawai.

“Jabatan fungsional pada hakekatnya memiliki keunggulan yang seimbang termasuk dalam segi hak dan kewajiban serta beban tanggungjawab yang tidak ringan. Namun demikian sejalan dengan kemajuan zaman yang semakin mengarah kepada suasana profesionalisme jabatan, maka jabatan fungsional sudah menjadi jabatan unggulan yang lebih diperhitungkan dimasa mendatang,” kata Hasto.

Menurutnya, spirit untuk memberikan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional mempunyai dua makna besar yaitu, pertama, makna besar untuk meningkatkan kinerja pencapaian indikator dengan lebih baik, lebih cepat, lebih fokus.

Kedua, sebut Hasto, agar PNS dijajaran BKKBN mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik, yaitu kesejahteraan dalam bentuk seperti kenaikan pangkat.

“Harapan saya bisa dua tahun naik pangkat karena kinerja fungsionalnya sebagai pendukung kenaikan pangkatnya. Begitu juga dengan fokus kepada kegiatan fungsional maka akan lebih professional dan tentu kedepan kami sangat ingin sekali memberikan jerih payah dengan bentuk tunjangan kinerja yang sesuai,” tandasnya.

Untuk itu, Hasto minta pejabat fungsional dijajarannya yang telah dilantik hari ini, agar melaksanakan tugas baru dan jabatan baru dengan sungguh-sungguh, penuh tanggung jawab dan dengan semangat yang tinggi pula.

“Segera pahami dan dalami tugas saudara yang baru. Dalam mengemban amanah yang diberikan, hendaknya saudara dapat menunjukkan keunggulan yang saudara miliki dalam bentuk prestasi kerja sebagai pejabat fungsional di lingkungan BKKBN, sehingga dapat membantu pencapaian target BKKBN sesuai dengan RPJMN dan Renstra, ” demikian tutupnya.

Pelantikan sebanyak 691 pejabat ke dalam jabatan fungsional dengan 15 nama jabatan JF rinciannya, tujuh orang jabatan fungsional melalui inpassing, delapan orang Ka. UPT Balai Diklat, pengangkatan dalam jabatan administrasi; tujuh orang Kasubag tata usaha provinsi, pengangkatan dalam jabatan administrasi.

Dari amatan AcehNews. Net, pelantikan sebanyak 19 pejabat eselon 3 dan 4 sebagai pejabat fungsional dilakukan di aula Perwakilan BKKBN Aceh di Banda Aceh dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain menjaga jarak, pejabat yang dilantik juga diwajibkan memakai masker. Pun hal yang sama juga dilakukan BKKBN pusat. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *