Besok, Kecepatan Angin di Aceh Capai 40 Km/Jam  

BANDA ACEHBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan 3 November 2014, angin di sebagian wilayah  Aceh ketinggian permukaan sampai 3000 feet. Umumnya bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan 06 hingga 40 km/ jam.

Menurut prakirawan, Jaya Martuah Sinaga kepada AcehNews.net, Minggu malam (2/11), penyebab terjadinya angin kencang karena wilayah atmosfir Aceh dekat dengan pusat tekanan rendah.

Sebut Jaya, beberapa wilayah Aceh yang mengalami angin kencang yaitu Tapaktuan, Singkil, Calang, Suka Makmue, dan Subulussalam dengan kecepatan angin bertiup maksimum 36 Km/jam. Sementara Sinabang angin bertiup dengan kecepatan sekitar 38 Km/jam.

“Perlu dihindari saat angin kencang yaitu jangan berada dibawah pohon, tiang listrik, dan memperbaiki atap rumah. Angin kecang juga bisa mengakibatkan gelombang laut tinggi,” papar Jaya sembari mengingatkan agar waspada.

Selain itu, Jaya mengingatkan yang perlu diwaspadai lagi, terjadinya hujan dengan intensitas sedang  yang disertai kilat/petir dan angin kencang di Pesisir Barat hingga Selatan Aceh. Di dua wilayah tersebut masih kata Jaya, BMKG memprakirakan dalam dua hari ini, 2 hingga 3 November tinggi gelombang mencapai 3 meter.

“Sekarang ini Aceh sedang memasuki musim penghujan, dengan kondisi cuaca yang terkadang ekstrem. Hujan dengan intensitas sedang disertai kilat/petir, dan angin kencang,” kata Jaya kembali mengingatkan.

Selain itu, BMKG memprediksi gelombang tinggi juga terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh dengan ketinggian 1 hingga 2 meter. Sementara di perairan Utara dan Timur Aceh tinggi gelombang mencapai maksimum 1 meter.

“Perlu diwaspadai tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan,”pesan Jaya.

Sementara itu di Provinsi Aceh prakiraan BMKG masih dengan kondisi cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang. Hujan dengan intensitas sedang sebut Jaya dapat terjadi di Tapaktuan, Kutacane, Idie Rayeuk, Meulaboh, Sinabang, Singkil, Blangpidie, Bla Suka Makmue, Karang Baru, Simpang Tiga Redelong, dan Subulussalam. Sedang wilayah lain di Aceh berpeluang hujan ringan. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *