Anggota Lantamal XI Merauke Divaksinasi

MERAUKE | AcehNews.net – Anggota Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke disuntik vaksin covid-19, Senin (8/3/2021). Dijadwalkan, sebanyak 274 personil Lantamal XI mengikuti vaksinasi covid-19 tahap pertama selama tiga hari, 8 hingga 10 Maret 2021, di Mako Lantamal XI, Jalan Noari Merauke.

“Mulai hari ini kita melaksanakan vaksin tentu sesuai kebijakan pemerintah kita harus memulai vaksinasi. Kita sudah memulai dengan nakes. Hari ini untuk aparat TNI terutama Lantamal XI,” tutur Komandan Lantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, kepada wartawan disela-sela pendampingan vaksinasi Covid-19, kemarin.

Mantan Komandan Pasmar 1 ini berharap, penyuntikan vaksin semakin meningkatkan imun tubuh sehingga akan membantu mengurangi penyebaran covid-19. Sebelum disuntik, sambung Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, seluruh personil mengikuti prosedur secara umum apakah layak menerima vaksin.

Dimana kondisi tubuh dalam keadaan sehat setelah hasil pemeriksaan kesehatan. Dilanjutkan verifikasi oleh tenaga medis. Lantamal XI mengerahkan 23 tenaga medisnya yang bertugas yakni dua dokter, empat vaksinator, lainnya mendukung administrasi dan sebagainya.

Menurut Dia, Lantamal XI melaksanakan vaksinasi covid-19 sesuai program pemerintah, vaksinasi kepada seluruh masyarakat diawali oleh tenaga kesehatan (nakes) dan aparat TNI-Polri.

Danlantamal XI mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan coronavirus desease dengan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sebelum nantinya juga diberikan vaksin.

“Untuk masyarakat bahwa kita meyakinkan vaksinasi aman dan halal,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Lantamal XI, Mayor Laut (K) dr. D. Nursito kepada AcehNews.net menjelaskan, setiap hari ada 90-an personil TNI AL yang mengikuti vaksinasi selama tiga hari berturut-turut.

“Semua personil di screening baik dari riwayat penyakit, pemeriksaan kesehatan terutama tensi dan lain-lain. Menunggu dulu hasilnya baru divaksinasi. Hari ini di lingkup mako, besok kita libatkan batalyon marinir pertahanan pangkalan (Yonmarhanlan) XI,” ungkapnya.

Mayor Laut (K) dr. D. Nursito mengatakan, vaksinasi covid-19 diberikan kepada personil TNI AL yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bahkan, selama pandemi Covid-19, Lantamal XI terus mengimplementasikan program pendisiplinan protokol kesehatan baik di lingkungan internal, komplek, rumkit dan perkantoran TNI AL dan beberapa kali menjadi tim gabungan pemda dalam mengawasi prokes yang dijalankan masyarakat Merauke sekaligus membagikan masker.

“Setiap hari di Rumkit AL juga kami mengimbau pengunjung agar memakai masker. Kalau tidak ada, kita berikan. Termasuk yang masuk ke mako Lantamal XI,” demikian pungkasnya. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *