Amerika Pererat Kembali Kerjasama dengan Pemko Banda Aceh

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, kedatangan tamu dari Konsulat Amerika Serikat untuk Pulau Sumatera, Guy Margalith beserta asistennya Rachmah Selasa (10/9/2019), di ruang kerja Walikota Banda Aceh.

Saat menyambut kunjungan konsulat Amerika Serikat tersebut, Walikota didampingi Asisten 1 dan 3 Setdakot Banda Aceh, juga Kabag Humas Pemkot Banda Aceh.

Margalith mengatakan, tujuan kedatangannya, dalam rangka memperingati ke-70 tahun hubungan diplomatik antara negara Paman Sam dan Indonesia, sehingga memandang penting untuk terus melanjutkan hubungan baik ini, bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia, melalui daerah-daerah yang ada di Sumatera, termasuk Kota Banda Aceh.

“Kami punya lembaga yang ada di Aceh, sehingga memudahkan masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa, untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa atau pun mengenai tujuan melanjutkan pendidikan di universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat,” ujar Margalith kepada awak media, seusai tukar cenderamata dengan Pemko Banda Aceh.

Pihak Konsulat Amerika Serikat ini pun, menawarkan program kerjasama dengan Pemko Banda Aceh, seperti dengan Walikota Banda Aceh, sebelumnya Illiza Sa’aduddin Djamal dalam International Leadership program yang mengkhususkan program perjalanan dinas kepala daerah ke Amerika Serikat.

Pertemuan singkat satu jam lebih itu, berlangsung santai, bahkan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, sempat mengajari dua patah kata bahasa Aceh kepada Margalith.

Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera yang fasih berbahasa Indonesia, dengan cepat menghafal dua hingga tiga kata bahasa Aceh yang diajarkan Aminullah

Walikota Banda Aceh, Aminullah, kepada awak media mengatakan, ia menyambut baik kedatangan Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera tersebut.

Dan Aminullah meminta kepada Margalith, agar ikut mempromosikan Kota Banda Aceh, kepada masyarakat Amerika, baik objek wisata maupun kulinernya. apalagi kata Aminullah, Aceh sangat dikenal dengan kopi Robusta maupun Arabika yang memiliki aroma khas dan rasa yang pas, bagi penikmat kopi.

Sementara mengenai kerjasama di bidang pendidikan, kata Aminullah, Pemko Banda Aceh, akan mempelajari dan menindaklanjuti tentang tawaran beasiswa yang diusulkan pihak konsulat Amerika Serikat tersebut.

“Kita lihat kembali dan akan ditindaklanjuti lagi, apalagi kerjasama dibidang pendidikan,” demikian Aminullah. (Dian)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com