Al Fadil dan Bunga Juara Pidato Kependudukan

BANDA ACEH – Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Al Fadil Muhammad keluar sebagai Juara I Lomba Pidato Kependudukan tingkat Provinsi Aceh 2015 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) untuk kategori Dewasa Muda. Sedangkan di kategori Remaja Juara I diraih Bunga Rizki Ulfira dari SMAN 1 Langsa. Keduanya berhasil membawa pulang tropi, sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp3,5 juta.

Perwakilan BkkbN Aceh kembali melakukan perlombaan penulisan kreatif dan lomba pidato pendidikan kependudukan. Final lomba pidato dan penyerahan piala kepada kedua perlombaan itu telah berlangsung dan diserahkan hadiahnya kepada masing-masing pemenang di Aula SD, SMP, dan SMA Fatih Billingual School Lamlagang, Banda Aceh, Selasa (12/5/2015) oleh Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs M. Natsir Ilyas M.Hum.

Dalam pidato sambutannya, Natsir Ilyas berharap wadah ini bisa dimanfaatkan remaja di Aceh untuk menyalurkan bakat dalam menulis dan berpidato. Kegiatan positif ini kata Natsir Ilyas, juga sebagai tempat untuk menyampaikan pesan-pesan penting program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat luas, baik melalui media tulisan maupun pidato.

“Saya berharap tulisan kreatif maupun pidato kependudukan bisa dipublikasi ke media massa atau media online, sehingga manfaat tulisan bisa dibaca maupun didengar oleh masyarakat luas sehingga masyarakat mengetahui dan memiliki pengetahuan tentang kependudukan,” harap Kaper BkkbN Aceh didepan para juara lomba tulisan kreatif dan finalis lomba pidato kepedudukan BkkbN tingkat Provinsi Aceh 2015.

Juara II Lomba Pidato Kategori Dewasa Muda diraih Karmilawati Akja (Universitas Abulyatama) dan Juara III dimenangkan Rahmat Nazillah (Fakultas Ekonomi Unsyiah). Sementara Juara II Kategori Remaja diraih Syarifah Syafira (SMA Dayah Terpadu Inshafuddin, Banda Aceh) dan Juara III dimenangkan oleh Fadhil Almajri (MAS Jeumala Amal Pijay).

Perwakilan BKKBN Aceh juga pada hari yang sama mengumumkan para juara lomba penulisan kreatif pendidikan kependudukan 2015 yang  Juara I Juara Kategori Dewasa Muda dimenangkan oleh Asmaul Husna (alumna FISIP Unimal, Aceh Utara), Juara II diraih Shadri Saputra (Mahasiswa UGM Yogyakarta asal Aceh), dan juara III dimenangkan Elliya Mursidawati (Mahasiswi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh).

Untuk Kategori Remaja, Fadhliati (SMA Dayah Terpadu Inshafuddin, Banda Aceh) keluar sebagai Juara I, disusul Intan Permata Sari (SMA Katolik Kota Banda Aceh) Juara II, dan Azheimi Iqbal (Mahasiswa Fakultas Teknik Artistektur Unsyiah Banda Aceh) Juara III.

Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Aceh, Irma Dimyati SE mengatakan, lomba penulisan kreatif itu dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini pesertanya mencapai 96 orang. Terdiri atas Kategori Remaja sebanyak 51 orang, Kategori Dewasa Muda 45 orang.

Juara I setiap kategori dan jenis perlombaan, tulisan dan CD pidatonya akan dikirimkan untuk diseleksi di Jakarta. Jika terpilih maka kata Irma, peserta akan ikut lomba di tingkat nasional yang segala biaya ditanggung panitia.

“Dua tahun berturut-turut Aceh raih Juara I tingkat nasional untuk lomba pidato, dan kami berharap tahun ini Aceh bisa kembali mendulang prestasi yang sama ditingkat nasional,” demikian harap Kabid Dalduk Perwakilan BkkbN Aceh kepada AcehNews.net di Banda Aceh. (saniah ls)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *