Permintaan Semakin Tinggi,
Aceh Besar Target Produksi Garam 500 Ton  

AcehNews.Net|JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat menargetkan produksi garam pada 2015 sekitar 500 ton.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Besar, Gunawan di Kota Jantho, Aceh Besar, kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan, selama ini produksi garam di Aceh Besar hanya sekitar 300 ton saja per tahunnya dan tahun Pemkab Aceh Besar menargetkan bisa mencapai 500 ton. Hal ini menurut dia, seiring tingginya permintaan pasar saat ini.

Gunawan sangat optimis bahwa target 500 ton garam itu dapat terealisasi di akhir tahun ini, karena potensi garam yang dimiliki Aceh Besar sangat besar. Hanya, kata dia lagi,  belum dikelola secara maksimal oleh para petani garam.

Untuk itu, kata Gunawan Pemkab Aceh Besar akan mencoba untuk mengelola potensi itu secara maksimal dengan cara memberikan pembinaan dan fasilitas kepada petani dalam upaya meningkatkan produksinya.

“Selama ini, para petani di wilayah Aceh Besar masih mengunakan alat tradisional untuk memproduksi garam, sehingga tidak mampu menaikan produksi garam,” kata Gunawan.

Sebab menurut Gunawan, peningkatan produksi itu tidak akan tercapai jika tidak dilakukan peningkatan sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung modern lainnya. Oleh karena itu, kedepan dinas terkait akan memberikan pembinaan bagaimana cara menghasilkan garam dengan kualitas tinggi, serta melakukan pembenahan infrastrutur fisik tempat pengelolaan garam.

“Kami akan mengarah mengunakan teknologi geo isolator untuk mengenjot produksi garam tahun ini. Tidak hanya kuantitas, tapi juga kualitas garam yang dihasilkan akan jauh lebih bagus,” paparnya.

Menurutnya, jika mengunakan geo isolator ini hasil produksi garam bisa meningkat 3 kali lipat dari produksi garam secara tradisional. “Teknologi ini yang akan kita perkenalkan bagi petani disini, Alhamdulillah kualitas garam di Aceh Besar melebihi dari daerah lainnya,”sebutnya.

Dari data yang ada kini jumlah petani garam di Aceh Besar mencapai 312 orang yang tersebar di  delapan Kecamatan yakni  Baitussalam, Masjid Raya, Seulimum, Peukan Bada, Pulo Aceh,  Lhoknga, Leupung, dan Lhoong.(agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *