Abu Vulkanik Gunung Sinabung Dirasakan Warga Simeulue, Aceh

SINABANG | AcehNews.Net – Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara, mulai dirasakan warga Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Dari amatan AcehNews.Net, kendaraan warga yang terparkir diluar rumah memutih akibat diselimuti debu vulkanik. Diduga abu tersebut merupakan debu dari erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara. Selain tampak pada kendaraan, debu juga terlihat pada dedaunan dan atap rumah warga.

Meski belum ada langkah serius untuk mengantisipasi terjadinya dampak dari debu itu terhadap warga, Kepala BPBD Simeulue, Ali Hasmi saat dikonfirmasi menyarankan, agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, dan gunakan masker penutup mulut bila ke luar rumah dan saat berkendara.

“Kita belum duduk membahas langkah apa yang kita ambil mengenai debu ini. Tapi kami menghimbau kepada warga supaya tetap waspada,” ujar Ali Hasmi.

Senada juga disampaikan Sekretaris Daerah Simeulue, Ahmadlyah. Ia menghimbau warga agar mewaspadai dampak debu tersebut.

“Selalu waspada dan membekali diri dengan menggunakan masker saat keluar rumah,” paparnya kepada awak media, disela sela kegiatan sidak di sejumlah Dinas dalam lingkup Pemerintahan Simeulue, pada Senin (10/6/2019).

Debu mulai dirasakan warga sejak Ahad pagi (9/6/2019). Bastian salah seorang warga Air Dingin, Simeulue Timur, menyebutkan, debu terlihat dan ia rasakan saat dirinya hendak shalat subuh pada.

Dia menjelaskan, debu tampak jelas turun dari langit, berlahaan-lahan. Seusai shalat, ia melihat kendaraannya memutih diselimuti debu.

“Pagi itu saat saya pergi shalat subuh, debu terlihat jelas turun menghujani saya,” demikian kata Bastian.(Jenedi).

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com