8 Manfaat Susu Kunyit Bagi Kesehatan

BLANGPIDIE | AcehNews.net – Susu kunyit merupakan minuman tradisional masyarakat India. Susu kunyit merupakan campuran susu dengan kunyit dan rempah lain seperti jahe atau kayu manis. Susu kunyit memiliki rasa khas rempah yang kuat. Rempah-rempah ini memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan terutama pada masa pandemi Covid-19.

Nah, Anda tak perlu jauh-jauh ke India untuk menikmati susu kunyit. Atau harus repot membikinnya sendiri di rumah. Bagi Anda yang tinggal di Abdya, Kini susu kunyit tersedia di Pasie Geuntheng, kecamatan Tangan-Tangan, Aceh Barat Daya. Harganya pun terjangkau, hanya berkisar Rp3000 hingga Rp5000 per gelas.

Apa saja kasiatnya?
Sebagai minuman herbal yang kaya dengan antioksidan, ada beberapa manfaat susu kunyit. Yuk kita simak dibawah ini:

1. Cegah banyak penyakit.
Susu Kunyit mengandung anti-inflamasi dan kurkumin yang dapat mencegah peradangan yang menyebabkan penyakit sindrom metabolik, Alzheimer, radang sendi, dan hingga penyakit jantung.

2. Meningkan fungsi otak dan memori.
Dilansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF adalah senyawa yang membantu otak membentuk koneksi baru dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel otak.

3. Sehatkan jantung.
Kurkumin pada kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah yang mendukung jantung yang sehat. Susu juga merupakan sumber kalium yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

4.Cegah kanker.
Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Kalsium dapat melindungi lapisan usus untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker dubur. Vitamin D mungkin berperan dalam regulasi pertumbuhan sel. Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, juga dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Kurkumin mengandung sifat-sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu melawan infeksi. Efek ini sekaligus juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

5. Lancarkan pencernaan.
Susu kunyit sangat baik untuk pencernaan. Kunyit, susu, dan jahe dpaat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan. Kunyit juga dapat meningkatkan pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu. Susu juga sangat baik untuk kesehatan usus.

6. Sehatkan tulang.
Baik susu hewan maupun susu nabati, keduanya sangat bermanfaat untuk tulang. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk membentuk tulang kuat. sementara vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan tulang lemah dan rapuh.

7.Perbaiki suasana hati.
Kurkumin juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Kurkumin juga dapat mengurangi tingkat kecemasan yang juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Susu yang kaya akan vitamin D juga dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang dikaitkan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Juga membantu turunkan gula darah.

8. Bantu penurunan berat badan.
Sifat anti-inflamasi dari curcumin dalam susu kunyit dapat membantu penurunan berat badan. Susu kunyit dapat melancarkan sistem metabolik dan mencegah peradangannya. Ini dapat melancarkan pencernaan dan mendukung berat badan yang ideal dan sehat. Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa curcumin juga dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak. (Nita Juniarti/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *