75 Peserta Ikut Lomba Berhitung Fakultas Teknik Unsyiah

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE meresmikan pembukaan acara grang final Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) Sipil yang ke-21. Minggu (22/3/2015), di Gedung AAC Dayan Dawaood, Universitas Syiah Kuala.

Dalam sambutannya Illiza menyampaikan, Kegiatan ini merupakan ajang yang sangat luar biasa. Pemerintah Kota (Pemko) memberi apresiasi kepada para pemenang lomba dari setiap daerah. Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini harus mendapatkan dukungan penuh dari setiap pemerintah kabupaten/kota di Aceh.

Pemerintah kabupaten/kota harus memberikan dukungan penuh terhadap acara ini, kata Illiza. Lanjutnya terutama kepada para peserta lomba yang menang di tingkat daerah, dan untuk tahun depan khususnya Pemko Banda Aceh, akan mendukung penuh kegiatan LBFT  yang diadakan oleh fakultas teknik ini.

“Sebenarnya berhitung itu tidak sulit, akan tetapi anak-anak sekarang stigmanya sudah dipengaruhi bahwa berhitung itu susah, saya berharap, agar setiap guru yang ada di sekolah, harus mengajari belajar menghitung itu lebih menyenangkan. Belajar bisa sambil bermain, sehingga menghilangkan rasa takut kepada anak,” tegasnya.

Kata Illiza, kegiatan yang digelar Fakultas Teknik Unsyia ini  sangat positif untuk memajukan pendidikan di Aceh, karena biasanya orang yang pintar berhitung itu pemikirannya lebih baik.

Walikota kembali berharap agar minat dan semangat anak-anak dalam belajar berhitung kedepan makin meningkat dan lebih baik lagi, baik itu dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Nurmala Hayati, mewakili Ketua Jurusan Teknil Sipil saat memberikan kata sambutan, ia mengatakan, kegiatan ini adalah program tahunan yang diadakan oleh fakultas, bahkan sudah menjadi iconnya Unsyiah. Menurutnya lagi, ini adalah salah satu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.

“Memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk megikuti ajang kompetisi ini. Bahkan di Kabupaten Aceh Tamiang sudah menjadikan kegiatan LBFT ini dalam program kerja mereka. LBFT ini digelar pertama kali sejak tahun 1993, banyak suka dan duka yang telah dirasakan,” sebut Nurmala.

Ketua Panitia, Rivaul Muzammil, pada Acehnews.net mengatakan, peserta yang mengikuti  grand final hari ini adalah sebanyak 75 peserta dari 15 kabupaten/kota yang mendapat juara pertama pada setiap katagori di daerah masing-masing. Lanjutnya, setiap lomba ada  lima katagori yaitu, tingkat SD (A/B), SLTP (A/B) dan SMA. Dan  Setiap katagori itu hanya juara pertama yang akan diberangkatkan untuk mengikuti grand final. (zuhri)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com