4 Flagship Smartphone Terbaik  di dunia

Peluncuran iPhone tanggal sembilan September kemarin menandai perlombaan smartphone flagship untuk setidaknya satu tahun ke depan. Sebelumnya, Samsung dan Sony sudah mengeluarkan flagship terbaru mereka di acara IFA yang diadakan di Berlin, Jerman. Xiaomi pun sudah merilis produk flagship mereka di China bulan kemarin.

Melihat fenomena akhir tahun tersebut, kali ini Tech in Asia akan memberi Anda daftar smartphone flagship baru yang dikeluarkan oleh beberapa vendor smartphone terkenal di dunia. Bagi Anda yang ingin segera mengganti smartphone yang Anda punya, daftar ini akan sangat berguna bagi Anda memilah smartphone mana yang akan Anda gunakan setidaknya untuk satu tahun ke depan sampai ke perlombaan teknologi tanpa henti ini dimulai kembali.

  1. Apple iPhone 6 Plus

Pernah mengumbar pernyataan bahwa tidak akan ada orang yang membeli sebuah smartphone berukuran besar, Apple nampaknya harus menelan ludah mereka sendiri. iPhone 6 Plus adalah sebuah smartphone dengan ukuran layar 5,5 inci yang lumayan besar. Hal ini merupakan sejarah tersendiri bagi Apple karena selama ini mereka memproduksi smartphone berukuran “mungil” 3,5 inci dan 4 inci saja.

Dipersenjatai dengan dapur pacu yang bisa dibilang ‘biasa saja’ jika dibandingkan dengan flagship dari produsen lain, Apple mengedepankan pengalaman menggunakan smartphone berkat sistem hardware dan software yang terpadu. Berbeda dengan Android, iOS merupakan sebuah sistem operasi yang tidak membutuhkan sebuah kekuatan hardware terlalu besar untuk dapat dijalankan dengan gegas dan responsif.

Sebuah prosesor A8 dengan kemampuan arsitektur 64-bit yang dipadukan dengan RAM 2GB sudah sangat cukup untuk mentenagai iPhone 6 Plus. Selain itu, Anda akan mendapatkan sebuah prosesor ‘pendamping’ bernama M8 yang akan mengurus semua sensor yang ada di dalam iPhone Anda.

Perubahan lainnya pada seri terbaru ini adalah kamera yang menyertakan fitur Optical Image Stabilization. Dengannya, kamera iPhone dapat bergerak mengikuti sensor gyroscope yang ada dan menyesuaikan dengan getaran tangan Anda ketika akan mengambil foto. Hasilnya, gambar akan tetap terlihat tajam meskipun tangan Anda bergerak ketika mengambil foto.

Fitur-fitur lainnya meliputi iOS 8 terbaru, sistem Apple Pay terbaru yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan NFC, dan tentunya, layar besar yang mempunyai kualitas Retina HD. Harga iPhone 6 Plus berbeda tergantung pada negara tempat ia dijual. Sebagai contoh, di Singapura, iPhone 6 Plus akan dijual sekitar Rp 10,7 juta. Berikut spesifikasi iPhone 6 Plus:

  1. Layar 5,5 inci dengan resolusi Retina HD (1920×1080 piksel)
  2. Prosesor A8 64-bit
  3. RAM sebesar 2GB
  4. Kamera belakang iSight 8 megapiksel dan kamera depan 1,2 megapiksel
  5. Kamera belakang mempunyai ukuran piksel 1,5µ dan mempunyai lensa dengan aperture f/2.2
  6. Dukungan 4G/LTE
  7. iOS 8
  1. Xiaomi Mi 4

Mi 4 merupakan flagship terbaru Xiaomi yang memadatkan berbagai spesifikasi tinggi di dalam perangkatnya. Sebut saja prosesor terbaru dari Qualcomm Snapdragon 801 yang dipacu pada kecepatan 2,5 GHz dengan modul RAM sebesar 3GB yang menghasilkan performa gegas tanpa lag sedikitpun.

Smartphone ini terlihat seperti meminjam bahasa desain iPhone 5s dengan pinggiran aluminium yang menyatu. Satu hal yang cukup menarik adalah Mi 4 dapat berganti-ganti cover belakang dengan berbagai macam pilihan mulai dari bahan kulit palsu, corak kayu, hingga batu giok.

Bagi Anda yang menginginkan desain cantik iOS namun tetap ingin memiliki kendali kebebasan seperti Android, maka sitem operasi MIUI yang digunakan Mi 4 akan sangat cocok bagi Anda. MIUI merupakan sistem operasi yang didesain dengan indah dan mungkin akan sedikit mengingatkan Anda terhadap iOS dari Apple.

Kamera yang digunakan flagship ini mampu menghasilkan gambar yang mumpuni berkat lensa Sony sebesar 13 megapiksel dengan aperture f/1,8 yang digunakan. Dengannya, Anda akan mampu mengambil gambar dengan seketika ketika menekan tombol shutter di layar.

Fitur-fitur lainnya yang patut untuk dicatat adalah layar seluas 5 inci dengan resolusi sebesar 1920 x1080 piksel yang akan memberi Anda pengalaman menonton yang menyenangkan serta sistem operasi MIUI 6 yang terlihat keren. Mi 4 saat ini masih hanya dijual di China dengan harga Rp 3,7 juta untuk versi 16GB dan Rp 4,6 juta untuk versi 64GB. Tentunya harga ini akan berbeda ketika ia masuk ke dalam pasar global. Berikut spesifikasi Mi 4:

  1. Layar 5 inci dengan resolusi HD 1080p (1920×1080 piksel)
  2. Prosesor Snapdragon 801 dengan kecepatan 2,5 GHz
  3. RAM sebesar 3GB
  4. Kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel
  5. Kamera belakang dibuat oleh Sony dan mempunyai lensa dengan aperture f/1.8
  6. Baterai dengan kapasitas 3.080mAh
  7. Dukungan 4G/LTE
  8. MIUI V6 yang berbasis Android 4.4 KitKat
  9. Bahan utama handphone berupa metal dengan back cover plastik yang dapat diganti
  1. Samsung Galaxy Note 4

Diperkenalkan pada acara IFA di Berlin bulan lalu, Samsung Galaxy Note sejatinya adalah sebuah phablet. Namun kini, dengan hadirnya iPhone 6 Plus, batas antara sebuah phablet dan smartphone semakin tipis jika memang kedua perangkat ini harus dipisahkan kategorinya.

Galaxy Note 4 merupakan sebuah bentuk penyempurnaan dari Samsung. Belajar dari perangkat-perangkat mereka sebelumnya, Galaxy Note memiliki fitur-fitur yang berguna bagi para profesional namun mungkin akan kurang relevan – bahkan memberatkan sistem – bagi pengguna biasa.

Smartphone ini hadir dengan sebuah stylus yang dinamakan S-Pen. Dengannya, Anda dapat memberi caption dengan mudah pada gambar-gambar serta screenshot yang Anda ambil. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin memberi sebuah intruksi singkat pada rekan kerja Anda.

Samsung selama ini terkenal karena tampilan layarnya yang diluar nalar. Galaxy Note 4 bukan sebuah pengecualian. Dengan layar berteknologi AMOLED 1440 x 2560 piksel yang dibenamkan ke dalam layar berukuran 5,7 inci, Anda akan mendapatkan sebuah layar yang fungsinya adalah memanjakan mata.

Dapur pacu yang dimiliki pun merupakan yang tertinggi yang bisa Anda dapatkan saat ini. Sebut saja prosesor Snapdragon 805 dari Qualcomm dan RAM sebesar 3GB. Namun, spesifikasi ini nampaknya akan terbuang percuma ketika Samsung masih menggunakan user interface mereka, TouchWiz yang terkenal memberatkan sistem.

Di sisi kamera, Galaxy Note 4 dapat menghasilkan kualitas gambar yang bagus berkat lensa 16 megapiksel yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization. Selain itu, Anda akan mendapatkan sebuah kamera depan dengan lensa sebesar 3,7 megapiksel dengan pengaturan aperture f/1,9. sangat mumpuni untuk sebuah pengambilan gambar selfie.

Beberapa fitur unggulan lainnya terletak pada sisi software yang dimiliki. Namun selain memberi kemudahan bagi para penggunanya, hal ini juga ibarat pedang bermata dua yang menyebabkan smartphone Anda menjadi berat dan sedikit terasa lag.

Anda dapat melakukan pre-order Galaxy Note 4 dengan harga sebesar Rp 11 juta. Harga yang sangat mahal mengingat banyak flagship produsen lain yang menawarkan harga lumayan rendah. Berikut spesifikasi Galaxy Note 4:

  1. Layar 5,7 inci dengan resolusi 2K (1440 x 2560 piksel)
  2. Prosesor Snapdragon 805 dengan kecepatan 2,7 GHz
  3. RAM sebesar 3GB
  4. Kamera belakang 16 megapiksel dan kamera depan 3,7 megapiksel
  5. Baterai dengan kapasitas 3.220mAh
  6. Dukungan 4G/LTE
  7. TouchWiz
  1. Sony Xperia Z3

Berbekal desain omni-balance yang sudah turun temurun diterapkan sejak seri Xperia Z pertama, Xperia Z3 memberi Anda sebuah perangkat dengan desain minimalis yang kokoh serta mampu bertahan di dalam air selama 30 menit dan tahan goncangan – meskipun kami ragu perangkat ini sanggup bertahan jatuh dari lantai 15 kantor kami.

Xperia Z3 merupakan flagship Sony yang juga kembali menerapkan teknologi layar Triluminos khas Sony. Kualitas layarnya pun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan dukungan Bravia Engine yang biasa terdapat di dalam televisi Sony, Anda akan mendapatkan warna yang vibrant dan kualitas yang tajam ketika menonton film HD pada perangkat ini.

Smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon 801 dari Qualcomm sebagai otak pemrosesannya. Anda dapat mengharapkan sebuah performa yang gegas pada perangkat ini karena sistem operasinya tidak terlalu dibebani oleh aplikasi built-in seperti yang terdapat di dalam smartphone Samsung. Dan dengan dukungan RAM sebesar 3GB, menjalankan multitasking merupakan urusan yang enteng bagi Xperia Z3.

Bagi Anda yang senang fotografi outdoor, Xperia merupakan sebuah smartphone yang cukup mumpuni. Semua itu berkat kemampuan lensa 20,7 megapiksel serta ketahanan smartphone ini ketika berada di dalam air selama 30 menit. Kini, Anda dapat mengambil gambar di bawah air dengan mudah ketika Anda sedang berenang.

Sony nampak lebih memprioritaskan aspek pengambilan gambar pada perangkatnya ini. Dengan dukungan fitur-fitur seperti multi-shoot, augmented reality, dan kemampuan merekam video 4K, tentunya akan membuat Anda bersenang-senang dalam mengambil gambar spontan.

Xperia Z3 bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 11 juta pada akhir bulan september ini di pasar global.Berikut spesifikasi Xperia Z3:

  1. Layar 5,2 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel
  2. Prosesor Snapdragon 801 dengan kecepatan 2,5 GHz
  3. RAM sebesar 3GB
  4. Kamera belakang 20,7 megapiksel dan kamera depan 2,2 megapiksel
  5. Baterai dengan kapasitas 3.100mAh
  6. Dukungan 4G/LTE
  7. Teknologi layar Triluminos dan engine Bravia

Sebenarnya masih ada beberapa flagship smartphone seperti LG G3, Lumia 930, HTC One M8, Oppo N1, dan One Plus One. Namun, karena secara teknis perangkat-perangkat tersebut rilis pada ‘sesi’ perlombaan tahun lalu, nampaknya kurang relevan jika disertakan pada daftar kita kali ini. Daftar ini akan selalu kami update jika ada pabrikan smartphone mengeluarkan smartphone baru di jendela waktu yang berdekatan. (techinasia.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *