Ilustrasi Beasiswa

32 Warga Indonesia Terima Beasiswa dari Amerika Serikat

JAKARTA – Sebanyak 23 warga negara Indonesia terpilih sebagai penerima beasiswa Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts gelombang kedua (PRESTASI II) dari Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID).

PRESTASI memberikan beasiswa kepada WNI untuk menekuni jenjang pendidikan S2 dalam sejumlah bidang tertentu di universitas di Amerika Serikat dan Indonesia. Tujuan program yang berjenjang lima tahun (2012-2017) tersebut adalah untuk mengembangkan kinerja dan kecakapan kepemimpinan untuk mendukung kemajuan Indonesia.

Di antara 689 pendaftar, ada 23 yang terpilih. Sebanyak 14 orang di antaranya akan belajar di AS, dan sembilan lainnya di Indonesia. Semua akan memulai studi mereka di tahun ajaran 2015.

“Para penerima beasiswa PRESTASI II ini memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka dalam bidang profesional, tapi, yang lebih penting lagi, mereka dapat mengembangkan pengetahuan dan mendapatkan pengalaman yang dapat mereka gunakan untuk ikut membantu memajukan Indonesia,” ungkap Pelaksana Tugas Direktur Misi USAID Jon Lindborg.

Silvera Marolita Erari dari Papua meraih beasiswa dalam bidang kesehatan. Sekembalinya Silvera dari AS, dia ingin menggunakan pengetahuan barunya untuk mengembangkan penelitian dan tata kelola data yang berhubungan dengan epidemiologi di Papua.

Jeni Pareira dari Flores berkata bahwa PRESTASI akan membantunya dalam mendirikan yayasan atau LSM untuk menjaga lingkungan yang beragam di sekitar komunitasnya. “Beasiswa ini memberikan saya kesempatan untuk memaksimalkan kontribusi saya dalam meningkatkan tata kelola perhutanan di Indonesia,” ungkap Jeni.

Program beasiswa USAID terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki kinerja akademis yang tinggi, pengalaman profesi, dan berdedikasi untuk meningkatkan hidup masyarakat. Program tersebut memberikan pertimbangan khusus kepada individu berprestasi dari daerah yang memiliki sumber daya terbatas dan belum terwakili. (ril/*)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com