Tidak Ikut UN tanpa Alasan,
28 Siswa SMA Tak Bisa Ikut Ujian Susulan

TAKENGON – Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah  tidak melaksanakan Ujian Nasional (UN) susulan, kendati terdapat 28 Siswa yang tidak hadir dalam penyelenggaraan UN yang berlangsung 13 hingga 15 April 2015 lalu.

Ketua Panitia Pelaksana UN Aceh Tengah Zulhamsyah mengatakan, dari total 2.690 siswa baik SMA, SMK maupun MA peserta UN, terdapat 28 siswa yang tidak mengikuti ujian selama tiga hari tersebut, namun siswa itu tidak dapat mengikuti UN susulan, dikarenakan tidak adanya surat keterangan dari yang bersangkutan.

“Tidak ada UN susulan hari ini, terkait adanya siswa yang tidak hadir dalam pelaksanaan UN  lalu, itu semuanya sudah kita diskualifikasi, karena mereka tidak ada mengirim surat izin seperti sakit atau ada alasan lain sehingga berhalangan hadir, jadi mereka tidak bisa ikut ujian susulan,” kata Zulhamsyah, Selasa (20/4/2015) di Takengon.

Ditambahkan Zulhamsyah, Siswa SMA sederajat yang tidak hadir merupakan siswa yang sudah tidak bersekolah lagi, dimana mereka sudah tidak mengikuti proses belajar dan mengajar disekolahnya masing-masing, menjelang pelaksanaan UN berlangsung.

“Kalau dari informasi dan data yang kita miliki, itu ada yang telah meninggal dunia serta juga ada yang telah menikah sehingga tidak bersekolah lagi, tapi nama-nama mereka sudah masuk dalam pendataan siswa yang menjadi peserta UN sebelumnya”, terangnya.

Secara nasional pelaksanaan UN susulan berlangsung serentak selama tiga hari mulai 20 hingga 22 April 2015 mendatang, dimana setiap siswa akan mengerjakan soal ujian sesuai mata pelajaran yang tidak diikutinya.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *