20 Hewan Qurban Sudah Terdata di Merauke, Ingin Berqurban ini Nomor WhatsApp Panitia

MERAUKE | AcehNews.net – Sebanyak 20 ekor sapi berasal dari sedekah umat Islam untuk dijadikan hewan qurban telah terdata di Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Merauke menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Ketua PHBI Kabupaten Merauke, Baharuddin Lahati, mengungkapkan, PHBI hanya menginventarisir hewan qurban yang ada di PKM dan instansi pemerintah lainnya. Bagi kaum muslimin dan muslimat atau PKM yang akan berqurban dapat menginformasikan ke PHBI melalui nomor WA: 081343043944, 085254194455, dan 085244299395.

“Biasanya tiga hari sebelum hari H baru bisa terdata, sementara (saat ini terdata, red) sapi baru 20 ekor,” bebernya saat dihubungi AcehNews.net Kamis (23/7/2020).

Ditanya apakah ada bantuan hewan qurban dari pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, Baharuddin Lahati menjelaskan, sementara ini belum ada informasi dari pemerintah provinsi dan kabupaten tentang sumbangan hewan qurban seperti tahun sebelumnya.

Dia mengimbau, penyembelihan hewan qurban wilayah kota agar dilaksanakan di Rumah Potong Hewan sesuai surat edaran dinas peternakan Kabupaten Merauke. Dengan mendaftarkan terlebih dahulu ke RPH sebelum tanggal 31 Juli-2 Agustus 2020.

“Apabila ada alasan tertentu menyembelih hewan qurban di lingkungan masjid atau tempat tinggal masyarakat maka tetap memperhatikan aspek kesehatan, kebersihan dan sebagainya. Selain itu, berkoordinasi dengan pihak berwenang agar dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong,” demikian pungkasnya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *