12 Kasus Ditemukan, Dinkes Aceh Utara Lakukan Vaksin Difteri

ACEH UTARA | AcehNews.net – Dinas Kesehatan Aceh Utara, melakukan vaksin difteri dan sosialisasi kepada ratusan masyarakat Gampong Alue Empok, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Selasa (20-12-2017). Hal tersebut dilakukan dinas tersebut dalam rangka melakukan pencegahan dini terhadap penyakit menular tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Machrozal mengatakan, untuk Aceh Utara sendiri sejauh ini Dinkes Aceh Utara, telah menemukan 12 kasus yang terjangkit difteri, di antaranya berada di Kecamatan Lhoksukon dua kasus, Tanoh Jambo Aye dua kasus, Dewantara empat kasus, Bandar Baro satu kasus, Langkahan dua kasus, dan Kuta Makmur satu kasus.

“Sejauh ini Dinkes Aceh Utara, telah menemukan 12 kasus difteri yang sudah terjangkit, satu di antaranya positif,” kata Machrozal, Selasa (20-12-2017).

Machrozal menambahkan, untuk hari ini kita selain memberikan vaksin kepada 370 anak-anak dan orang dewasa di 35 desa, pihak kita juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi untuk pencegahan difteri kepada masyarakat desa ini.

“Selain memberikan vaksin, kita juga memberikan penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat di Gampong Alue Empok, Kecamatan Lhoksukon, karena dari 12 kasus yang kita temukan satu di antara positif kita dapatkan di Gampong ini,” ujarnya.

Dalam melakukan pencegahan penyebaran penyakit menular difteri, Dinkes Aceh Utara telah melakukan beberapa langkah untuk memutuskan penyebaran penyakit menular tersebut, salah satunya adalah dengan cara memberikan pengobatan, vaksin.

“Kita berharap kepada masyarakat yang mengalami gejala awal difteri untuk segera melaporkan kepada Puskesmas terdekat atau langsung kepada Dinkes Aceh Utara, untuk diberikan anti serum difteri dan antibiotik, sehingga tidak menyebar,” harap Kadis Kesehatan tersebut. (vanny)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com