Seleksi Awal Tes Wawancara,
107 Mahasiswa Mendaftar Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015

BANDA ACEH – Sekira 107 mahasiswa seluruh perguruan tinggi yang ada di Aceh mendaftar sebagai Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Aceh 2015 yang pengukuhannya akan digelar di AAC Dayaan Dawood, Darussalam, Banda Aceh pada Ahad malam (17/5/2015).

Dari 107 mahasiswa yang sudah mengembalikan fomulir pendaftaran dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, 95 mahasiswa yang terpilih administrasi yang memenuhi syarat ketentuan yang berlaku mengikuti tes wawancara yang digelar selama dua hari, 9 hingga 10 Mei.

Pendataran Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015 sudah dibuka sejak 7 April hingga berakhir 7 Mei 2015. Pada kesempatan itu, Ketua Paniti, Nanda yang ditemui AcehNews.net, Ahad (10/5/2015) di Sekretariat Pnitia di Jalan Peurada Utama, Peurada, Banda Aceh mengatakan, tes wawancara digelar selama dua hari karena melihat banyaknya jumlah peserta yang lulus administrasi.

“Tes wawancara kami gelar selama dua hari, Sabtu kemarin dan hari ini. Ada 95 mahasiswa yang berhak mengikuti tes wawancara dan dari 107 yang mendaftar. Mereka yang tidak lulus administrasi umumnya mahasiswa Aceh yang kuliah di luar Aceh,” jelas Nanda.

Sebut Nanda setiap tahun jumlah peserta yang mendaftar mengikuti pemilihan Dumas GenRe yang digelar Perwakilan BkkbN Aceh sejak 2010 ini meningkat. Tahun lalu kata Nanda diikuti sebanyak 98 pedaftar.

“Mahasiswa yang ikut mendaftar kali ini dari hampir dari semua perguruan tinggi di Aceh. Jika tahun-tahun lalu banyak didominan perguruan tinggi di Banda Aceh akan tetapi kali ini ada dari Langsa, Aceh Timur, Lhokseumawe, dan beberapa kota/kabupaten lainnya di Aceh,” sebut Nanda.

Dari 98 peserta yang mengikuti tes wawancara, akan dipilih 30 mahasiswa dan mahasiswi yang akan mengikuti karantina pada 12 hingga 17 Mei mendatang. Mereka yang mengikuti karantina akan dibekali materi GenRe dan Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), public speaking, wawansan kebangsaan dan kewarganegaraan, make-up class, kepribadian, dan Kesehatan Reproduksi.

Sedangkan tes wawancara, kata Nanda lagi, sebanyak 95 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Aceh dites pengetahuannya tentang GenRe, hot isu, minat dan bakat peserta, dan kemampuan berbahasa asing.

Pengumumman 30 besar mahasiswa/mahasiswi yang berhak mengikuti karantina dan malam pengukuhan yang akan digelar di AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh pada Ahad malam (17/5/2015) dan terbuka untuk umum dapa dilihat di Aneukceria.blogspot dan atau instalgram dumasgenreaceh pada Senin, 11 Mei 2015.

Mereka yang terpilih sebagai Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015 putra dan putri berhak meraih tiket ke tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta yang transportasi dan akomodasinya selama di Jakarta akan ditanggung panitia.

Aceh sendiri kata Nanda sudah meraih berbagai juara di tingkat nasional dan harapannya tahun ini Dumas GenRe Aceh putra dan putri yang mewakili Aceh bisa kembali mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *