10 Bisnis ini Bisa PNS Lakoni Jika Pensiun

AcehNews. Net – Bingung jelang memasuki purna tugas atau pensiun mau bisnis apa? Nggak usah bingung, siapkan diri Anda sebelum masa pensiun tiba dan bukan kah berencana itu lebih baik?!

Sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS)
hanya mengandalkan uang pensiun di hari tuanya, tetapi tak sedikit pula yang sudah mempersiapkan diri, sebelum pensiun.

Berikut AcehNews. Net rekomendasikan 10 bisnis pasca pensiun sebagai PNS, dari modal usaha kecil hingga besar, seperti dikutip Acehnews.net dari berbagai sumber.

1. Toko kelontong
Membuka usaha toko kelontong sangat menjanjikan bagi Anda. Selain tak butuh ruang yang terlalu besar, toko kelontong bisa diawasi secara mandiri.

Anda bisa menggunakan ruangan kecil di rumah untuk menjual kebutuhan sehari-hari. Untuk memulai toko kelontong, ada sebaiknya Anda lebih dulu survei supplier yang menjual dengan harga yang terjangkau dan modalnya juga tidak terlalu besar seperti Anda membuka usaha kos-kosan.

2. Kos-kosan
Kos-kosan, sudah menjadi usaha favorit para pensiunan PNS. Biasanya nih, sebelum masuk purna tugas, Anda sudah membeli tanah atau rumah untuk dibangun/rehab sebagai kos-kosan.

Bisa juga memanfaatkan lahan sekitar rumah yang masih luas untuk dibangun kos-kosan atau rumah kontrakan. Bisa dimulai dengan bangunan semi permanen, jika modal yang dimiliki terbatas.

Namun jika modal Anda Rp500 juta, bisa membuat kos-kosan atau kontrakan dua lantai sebanyak enam pintu dengan harga sewa Rp1 juta setiap bulan, maka Anda mengantongi Rp6 juta per bulan.

Dikali 12 bulan, berarti Rp72 juta setahun. Dalam waktu 6 tahun 9 bulan, Anda sudah bisa balik modal. Selebihnya, akan menjadi keuntungan Anda sampai anak cucu nanti.

3. Bengkel motor
Jumlah kendaraan roda dua atau motor saat ini terus bertambah. Dalam satu rumah, bahkan punya dua hingga tiga motor. Peluang bisnis ini patut dicoba, usaha bengkel motor.

Bukan hanya melayani perbaikan dan perawatan sepeda motor saja, tetapi juga menyediakan asesoris kendaraan roda dua lainnya, seperti suku cadang, oli, ban,helm, hingga jaket maupun sarung tangan. Juga bisa membuka jasa tempel ban dan isi angin sekalian.

Nah, agar bengkel motor Anda berkembang usahanya, disarankan cari lokasi bengkel motor yang strategis. Di kawasan yang ramai, seperti pusat pertokoan, pasar, atau yang dekat dengan perumahan. Selain itu jika lahan usaha bengkel agak luas, bisa juga membuka doorsmeer.

Ohya, jika Anda tidak mahir sebagai montir, ada bisa mempekerjakan orang lain, jadi Anda cukup menjadi kasir.

4. Budidaya ikan
Bisnis budidaya ikan bukan untuk orang yang punya keahlian beternak ikan saja, Anda yang tidak memiliki keahlian, bisa menggelutinya. Sebab keahlian ini dapat Anda pelajari dari sumber manapun, seperti internet, buku, seminar kewirausahaan, atau langsung dari pakar maupun pengusaha yang sudah lebih dulu terjun di bisnis ini.

Untuk pemula, Anda dapat menjalankan bisnis budidaya lele, ikan mas, gurame, mujair, bahkan budidaya lobster. Saat ini, banyak orang melirik bisnis ikan cupang.

Dalam bisnis budidaya ikan ini, Anda perlu menyiapkan lahan dan segala perlengkapan yang diperlukan. Tak perlu semua digarap, pilih saja satu jenis ikan untuk dibudidaya, kemudian fokus merintis sambil terus belajar.

Bila Anda sudah paham cara budidaya ikan yang benar, tahu seluk beluk bisnis ini, maka dapat menjadi ‘tambang’ uang di masa tua. Dapat pula diteruskan oleh anak cucu, menjadi sebuah bisnis turun temurun.

5. Budidaya tanaman hias
Berbisnis di bidang ini, bisa Anda manfaat dari hobi Anda yang mengkoleksi tanaman hias. Nah, agar hobi Anda menghasilkan, Anda bisa mencoba budidaya tanaman hias. Sederhananya, Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas yang ada di perkarangan rumah Anda dan memanfaat tanaman hias yang menjadi koleksi Anda.

Bagaimana cara menjual efektif? Anda bisa memanfaatkan medsos pribadi Anda untuk menjualnya. Bisa juga memanfaatkan WhatsApp grup alumni dan grup WA lainnya.

6. Rental mobil atau motor
Anda punya kendaraan mobil atau motor yang nganggur? Apalagi jarang dipakai karena Anda sudah tak lagi bekerja. Daripada mangkrak atau nganggur di rumah, lebih baik disewakan.

Buka bisnis rental mobil atau motor. Tak perlu ragu dengan pasar bisnis ini meski Anda tidak tinggal di daerah wisata. Bisnis rental kendaraan memiliki pasar yang luas.

Bisa bekerjasama dengan hotel, perkantoran, dan travel. Atau Anda bisa mempromosikannya lewat medsos pribadi Anda atau meletakan kartu nama di hotel, toko oleh-oleh, dan terminal/bandara.

Nah, untuk usaha ini, Anda bisa mempekerjakan supir lepas, jika ada yang menggunakan jasa rental Anda dengan supir sekalian.

Ohya, bisnis ini akan cepat berkembang,
jika servis memuaskan, karena dari mulut ke mulut, bisnis Anda akan berkembang pesat.

7. Waralaba
Satu lagi bisnis yang cocok untuk pensiunan PNS, yakni waralaba atau istilah kerennya franchise. Bisnis yang masih jadi primadona banyak orang sampai sekarang.

Bisnis waralaba menawarkan konsep kemitraan dengan modal beragam. Dari mulai jutaan, puluhan juta, sampai ratusan juta rupiah. Jenis usahanya macam-macam. Ada kuliner, jasa laundry, pendidikan, dan lainnya.

Keuntungan bisnis waralaba, Anda tinggal jalanin usaha saja. Nggak usah pusing mikirin produk apa yang mau Anda jual dan bagaimana sistem usahanya. Asal ada modal, bisnis siap dijalankan.

Keuntungan lain bisnis waralaba, mendapat dukungan dan bimbingan dari pemilik waralaba, dibantu mencari lokasi tempat usaha, bisa menggunakan merek yang sudah terkenal, tak perlu susah payah membangun manajemen bisnis, beli bahan baku dengan harga murah, dan hemat biaya pemasaran.

8.Investasi saham
Sebelum memulai investasi saham, pastikan Anda melek literasi finansial. Sehingga Anda tahu pilihan saham serta strategi yang digunakan. Jangan sampai modal Anda habis begitu saja di pasar modal. Tetapi sebaiknya Anda sebelum investasi saham, lebih baik ikut sekolah pasar modal yang biasanya gratis diberikan oleh Bursa Efek Indonesia.

9. Properti
Buat Anda yang tinggal di kota besar, usaha properti masih sangat menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan. Penghasilan utama pensiunan yang tak seberapa tentu harus disikapi dengan bijak.

Mengalokasikan dana ke bidang properti menjadi langkah awal yang sangat bagus. Anda bisa jual-beli properti dan menikmati keuntungan dari selisih harga.

Kalau Anda mau mempertahankan propertinya, Anda bisa jadikan penginapan atau kontrakan. Menarik bukan?

10. Berkebun
Jika pensiun Anda pulang ke kampung halaman, Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini bisa, berkebun, atau bisnis agro, menjadi pilihan tepat. Agrobisnis bisa dimulai dengan membeli atau menyewa sebidang tanah menggunakan dana pensiun yang didapatkan.

Selanjutnya, tanah ini bisa diolah menjadi lahan perkebunan dan ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang menghasilkan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan pilihan, seperti buah-buahan: kopi, pinang, jengkol, pokat, durian, lemon, serai wangi, jahe merah, jeruk madu, mangga, manggis, rambutan, buah naga, duku, atau buah lainnya.

Berbisnis sama seperti bekerja, harus dilakukan dari hati. Jika tidak, hasilnya bakal kurang maksimal. Maka dari itu, pilih bisnis yang paling sesuai dengan minat atau passion Anda agar semangat menjalankannya. (Saniah LS/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *